Sukseskan Program Bupati Siak Cegah Buta Aksara Dan Putus Sekolah, SDN 03 Minas Barat Bentuk Tim Pengembangan Kunjungi Para Wali Murid 

Rabu, 15 Februari 2023 - 12:21:19 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Dalam rangka ikut serta menyukseskan program Bupati Siak Drs H Alfedri MSi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak untuk menggelar pembekalan dan penguatan mencegah buta aksara dan putus sekolah, pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Minas Barat bentuk tim pengembangan buta aksara dan melakukan kunjungan kerumah sejumlah wali murid, Rabu (15/02/2023).


Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Erlisda,SPd selaku Kepala SDN 03 Minas Barat, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan oleh pihaknya sejak Senin (13/02/2023) kemarin.


"Pada hari Senin (13/02) kita mengunjungi ibu Sarelina dan hari Selasa (14/02) kita mengunjungi ibu Nasria Lase, yang mana kedua ibu ini merupakan wali murid disekolah kita dan diketahui mengalami buta aksara," kata Erlisda.

 

Sebelumnya kata dia, pihaknya terlebih dahulu melakukan pendataan terhadap wali murid yang buta aksara dan anak-anak yang putus sekolah. Maka dari data yang didapatkan oleh pihaknya ada tiga orang wali murid dan satu orang anak didik yang mengalami buta aksara dan putus sekolah.


"Untuk anak yang buta huruf ataupun putus sekolah ini, merupakan salah satu anak didik kita yang berhenti sekolah di bangku kelas II SD, kami sudah mencoba mendatangi anak kita ini dan membujuknya agar mau bersekolah lagi," katanya.


Disinggung penyebab anak tersebut tidak mau bersekolah lagi, Erlisda mengatakan bahwa hal itu murni atas keinginan anak itu sendiri. Padahal kata dia, kedua orang tua anak tersebut sudah membujuknya untuk bersekolah lagi, namun anak itu tetap tidak mau untuk bersekolah lagi.

 

"Kita sudah buat kesepakatan dengan para wali murid kita yang buta aksara untuk mengikuti pembelajaran mengenal huruf di sekolah kita ini, minimal 30 menit setiap hari Sabtu, misal saat dia mengantarkan anaknya ke sekolah dan Alhamdulillah mereka sudah setuju," katanya.


Lanjutnya, "untuk anak didik kita yang putus sekolah, kita juga sudah minta kedua orangtuanya untuk terus membujuk anak tersebut agar mau bersekolah lagi, dan kami pun akan terus berusaha membujuknya, mudah-mudahan anak kita ini mau bersekolah lagi," pungkasnya.***

Penulis : Idris Harahap

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex